REKTOR UGM LARI 5 KM UNTUK PROMOSIKAN UGMFEBULOUSRUN 

Ideakita.com- Ada pemandangan tak biasa di Minggu pagi (4/8). Sekitar 100 lebih pelari dari puluhan komunitas lari diJogjakara dan sekitar  menyusuri beberapa ruas jalan di Jogjakarta, khususnya bagian utara. 

Mereka start dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM), keluar menuju Jalan Persatuan – Jl. Dr. Sardjito – menuju pemberhentian pertama di Tugu Jogjakarta. 

Di tempat ini, mereka sudah berlari sejauh 2 KM lebih. Rombongan pelari ini berhenti sejenak dan melakukan sesi foto. Selanjutnya mereka menuntaskan rute lari hingga 5 Km menuju Kampus Bulaksumur dengan melewati Jl Cik Di Tiro  dan berakhir di kampus UGM

Rupanya di tengah-tengah peserta lari tersebut ada orang nomor satu di UGM. Siapa lagi kalau bukan Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng.,D.Eng.,IPU, rektor UGM. Hebatnya pria yang mengaku “hanya” olah raga tenis seminggu sekali ini mampu lari konstan sejauh 5 km tanpa jalan. 

Tak heran begitu finish di halaman belakang FEB, Pak Panut langsung mendapat tepuk tangan dari para pelari yang sejak awal hingga finish mengawalnya dari belakang dengan dua barisan.

“Saya lari semampunya saja. Tidak memaksakan diri. Yang penting denyut jantung tetap terjaga,” katanya membuka rahasia bisa lari 5 K tanpa henti.

Keikutsertaan Panut dalam lari bareng komunitas lari di Jogja dan sekitarnya ini untuk mendukung agenda race lari UGMFebulousRun 2019 yang diprakartasi oleh Kafegama, keluarga alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM dengan menggandeng Race Management, IdeaRun.

 Menurut Panut, race lari UGMFebulousRun2019 bukan hanya mengajak masyarakat untuk hidup sehat, tetapi Kafegama juga punya misi untuk menjalin persahabatan dengan pelari. “Makanya saya sangat mendukung acara tersebut.”

UGMFebulousRun2019 adalah race lari pertama yang akan melintasi kota Jogja yang menyimpan segudang heritage. Dengan konsep tesebut, panitia berharap, selain berlari para peserta juga bisa menikmati temoat-tempat heritage di Jogjakarta dengan segala macam cerita.

Race yang akan digelar pada tanggal 22 September 2019 ini punya tiga kategori, yakni 2,5 K, 5 K, dan 10 K. “Mimpi kami, kedepannya race ini akan menjadi race Jogja Marathon,” kata Priyo wakil dari Kafegama. Saat ini Jogja punya race lari marathon, namun rutenya di luar kota. Nah, UGMFebulousRun2019 ini diharapnya menjadi cikal bakal Jogja Marathon dengan rute di tengah kota. 

Usai lari 5 KM, 100  pelari yang berasal dari 20 lebih komunitas ini diajak bergabung di coaching clinic yang mengangkat tema “Bagaimana Memaksimalkan Performa Lari dengan Gadget” dengan menampilkan narasumber Adriansyah Chaniago, seorang pelari yang sudah menamatkan 6 World Major Marathon.  Acara ini menjadi gayeng karena dipandu oleh Agus Hermawan, seorang jurnalis yang juga aktif lari.

Saat ini UGMFebulousRun 2019 sudah membuka pendaftaran di ugmfebulousrun.com. Untuk penghargaan kepada komunitas, saat ini sedang dibuka program “Rego Konco”, yakni potongan harga 20 persen dari harga normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *