Highlands Half Marathon 2019, Lari Jalan Raya di Perbukitan Sentul City

Ideakita.com – Mendengar kata Sentul, tentu ingatan kita akan lari ke lomba trail run. Ya, kawasan Sentul memang menjadi lokasi favorit terdekat dari Jakarta untuk lomba lari lintas alam. Terakhir adalah Sentul Hill Ultra Run pada akhir Juni 2019.

Selain menjadi ajang lomba lari lintas alam, Sentul juga menjadi tempat latihan atau jujugan mereka yang ingin lari lintas alam tanpa perlu bermacet-macet di kawasan Puncak. Kondisi alamnya masih asri dengan udara yang sejuk. Bahkan di beberapa lokasi kabut sudah mulai turun di sore hari.

Ada sih lomba lari di jalanan kawasan Sentul. Tapi tidak berdiri sendiri. Lomba itu dikemas dalam ajang triathlon, seperti yang dilaksanakan sekitar April 2019 kemarin.

Nah, jika Anda masih cukup dengan satu olahraga saja, lari tentunya, nantikan ajang yang akan digelar pada 29 September 2019 mendatang ini. Highland Half Marathon. Begitulah ajang yang akan mengambil lokasi Taman Budaya Sentul City sebagai titik start dan finish ini.

“Lomba lari ini untuk memperkenalkan Sentul City, yang merupakan daerah perbukitan. Maka kami sebut Highlands Half marathon,” kata Advisor Highlands Half Marathon (HHM), Jimmy Tjahjanto di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Kawasan Sentul City seluas 3000 hektar ini memang berbukit-bukit dengan rentang ketinggian antara 215 m dan 500 mdpl. Dengan lahan terbuka yang masih luas, cuaca di kawasan ini masih sangat sejuk. Diperkirakan pada saat lomba suhunya antara 21 dan 23 derajat Celcius.

Ajang ini, menurut Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Head Committee HHM, Aida Ristany, menjadi tantangan baru, “Yang membangkitkan semangat kami untuk memberikan yang terbaik bagi pelari, agar mereka dapat menikmati berlari di kawasan ini secara maksimal. Di sisi lain, tantangan baru ini juga diharapkan dapat menjadi kontribusi bagi target yang lebih luas, diantaranya menjadikannya sebagai bagian dari destinasi sport tourism yang tengah dibangkitkan oleh provinsi ini.”

Dengan begitu, lomba ini ditargetkan akan menjadi agenda rutin tahunan dan menjadi destinasi bergengsi bagi penggemar lari, untuk dapat berlari sekaligus berwisata di Sentul City yang berada di wilayah Jawa Barat.

Sejalan dengan konsep The New Challenge tadi, pihak Sentul City terus aktif melakukan aktivasi untuk mendekatkan diri dengan pelari dan komunitas lari dengan menampilkan Alan Maulana, pelari asal Bandung, Santih Gunawan, pelari asal Jakarta, dan Ridwan Idham (gadget geeks) dalam sharing session yang akan membahas upaya meningkatkan pemahaman pelari akan performa gadget lari.

Untuk ikut lomba ini, Anda bisa mengakses https://highlandshalfmarathon.com/. Ada dua kategori yang dilombakan, yakni umum dan master (41-50 tahun dan 51-60 tahun). Pilihan rutenya ada 5K, 10K, dan 21K.

Biaya untuk mengikuti lomba tersebut Rp 350.000 untuk kategori half marathon, Rp250.000 untuk kategori 10K, dan Rp 150.000 untuk kategori 5K. Lima pemenang akan dipilih dan mendapatkan hadiah dengan total Rp150 juta.

Buat pelari hore, ajang ini sangat memanjakan kalian. Soalnya cut off time (COT) yang dipatok lebih panjang pada kategori HM. Pelari hore yang lebih suka mengejar PB yang photo banyak pun dapat lebih leluasa menikmati Kota Sentul dari ketinggian.

“Kami menyiapkan waktu COT hingga empat jam,” kata Race Director, Safrita Aryana.

Untuk saat ini masih berlaku harga khusus bagi komunitas dengan diskon 20% untuk pendaftaran grup berlima. Para pelari dapat mengaplikasikan kode voucher HHM20COMM untuk dapat mengakses diskon komunitas ini.

Nah, segera amankan slot pedalis. Rasakan sensasi tantangan baru lari di jalan raya dengan total elevasi yang tidak biasa ini.

Sumber: Pedalku.com

(Foto-foto: Dokumen IdeaRun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *